NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RAMADHAN PODCAST Analisis Content Rapod: Ramadhan Podcast

Authors

  • Farid Khoeroni IAIN Kudus

Keywords:

Pendidikan Islam,, Ramadhan Poscast.

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis kebahasaan pada siaran podcast “Ramadhan podcast” channel youtube KPI IAIN Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi langsung terhadap media youtube channel Prodi KPI IAIN Kudus. Teknik analisis data, pertama: mendengarkan tayangan Ramadhan podcast melalui youtube. Dalam tahapan ini, peneliti menyimak kemudian menandai gaya bahasa dalam podcast tersebut. Kedua: mengubah audio visual dalam tayangan podcast menjadi teks agar lebih mudah dipahami dan dimengerti. Ketiga: tahap analisis data. Setelah semua data terkumpul, dilakukan analisis semiotic untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa dalam tayangan podcast Ramadhan podcast. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang digunakan oleh Komunikasi kebahasaan dalam podcast menekankan pada sendi bahasa kategori bahasa baku dan sopan karena program Ramadhan Podcast. Simpulan ini ditunjukkan dari banyaknya penggunaan bahasa baku “saya” dan menunjukkan kesopanan dengan penggunaan sapaan menggunakan kata Ibu dan Bapak. Komunikasi kebahasaan berdasarkan nada. Komunikasi menggunakan bahasa sederhana dikemas dengan obrolan santai. Penekanan pada nada ketika berbicara antara narasumber tidak ada tekanan-tekanan yang bersifat emosional. Komunikasi kebahasaan berdasar pada pengungkapan pesan. Dalam menjelaskan maksud pesan dalam Ramadhan podcast tersebut, mengungkapkan maksud dengan menunjukkan perumpamaan-perumpamaan. Sehingga pesan yang disampaikan mudah untuk dipahami oleh penikat podcast. Kemudian nilai-nilai pendidikan dalam Ramadhan podcast dapat ditemukan nilai-nilai pendidikan Islam yaitu aspek ibadah dan aspek akhlak.

References

Achmadi. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta. Aditya Media bekerjasama IAIN Walisongo Semarang press, 1992.

Bawani, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas, 1993.

Bonini, T. “The Second Age of Podcasting: Reframing Podcasting As A New Digital Mass Medium.” Quaderns Del CAC 18 jULY (2015): 21–30.

Fadilah, Efi, Pandan Yudhapramesti, and Nindi Aristi. “Podcast Sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio.” Jurnal Kajian Jurnalisme 1, no. 1 (2017): 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562.

Howe N & Strauss W. Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069. New York: Morrow, 1991.

Katadata. “No Title.” katadata, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022.

Khoeruni, Farid. “Mengcounter Hoax Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam.” Quality 5, no. 2 (2017): 386–402.

KPI IAIN Kudus. “Aku Gadget Dan Puasa.” Kudus: KPI IAIAN Kudus, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=Qdrx8uzupHo&t=41s.

———. “Apakah Sudah Muhasabah Diri.” Kudus: KPI IAIAN Kudus, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=EkekmRUGtm8&t=364s.

———. “Kartini Dalam Islam.” Kudus: KPI IAIAN Kudus, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=g4iMcjkskug&t=493s.

———. “Katanya Ibadah, Kok Hibernasi.” Kudus: KPI IAIAN Kudus, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=zbyMYFuDSHk&t=42s.

———. “Mengerti Dan Dimengerti. Hukum Pamer Makanan.” Kudus, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=YLpesGYO3wY&t=358s.

———. “See You Ramadhan.” Kudus, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=_P5KeuI11Zk.

———. “Seperti Apa Puasa Yang Berkualitas?,” 2022. https://www.youtube.com/watch?v=iw42hNqwiTA.

Mayangsari, Dewi, and Dinda Rizki Tiara. “Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial.” Jurnal Golden Age 3, no. 02 (2019): 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.

Rusdi, Farid. “Podcast Sebagai Industri Kreatif,” 2012, 91–94. http://dewanpers.or.id/publikasi/buku/878-data-.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Ummah, Athik Hidayatul, M. Khairul Khatoni, and M. Khairurromadhan. “Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan.” Komunike 12, no. 2 (2020): 210–34. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2739.

Downloads

Published

2023-01-12