MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK IBADAH

Authors

  • Ikhsan Intizam STIT MUHAMMADIYAH KENDAL
  • Mufarih Mufarih Mahasiswa STIT Muhammadiyah Kendal

Keywords:

Tahfidzul Quran dan Praktik Ibadah

Abstract

Menghafal al-Quran merupakan program unggulan yang dapat mendukung penguasaan kompetensi praktik ibadah peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini difokuskan untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah pengelolaan pembelajaran tahfidzul Quran pada mata pelajaran praktik ibadah beserta implementasi dan problematika serta solusi alternatifnya di SDIT Ulul Albab Weleri?. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pengelolaan pembelajaran tahfidzul Quran pada mata pelajaran praktik ibadah sudah dirumuskan mengacu visi, misi, dan tujuan sekolah yang bermuara pada terwujudnya pemahaman dan hafalan peserta didik terhadap ayat-ayat al-Quran pada Juz 30. Kemudian dalam operasionalnya sudah dijabarkan secara rinci melalui SOP. Berdasarkan pengelolaan tersebut telah mengembangkan model pengelolaan kurikulum muatan lokal berbasis tahfidzul Quran dengan sistematis, yang memungkinkan implementasinya berjalan efektif serta dapat menekan hambatan dan kendala yang muncul dalam operasionalnya; 2) Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Quran pada Mata Pelajaran Praktik Ibadah mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; dan 3) Hambatan implementasi Pembelajaran Tahfidzul Quran pada Mata Pelajaran Praktik Ibadah ialah terbatasnya dana dan kompetensi awal peserta didik yang tidak merata dalam penguasaan Arab. Terkait hambatan berupa dana operasiolal pendidikan, selama ini kepala sekolah menganggarkanya dana untuk memenuhi kebutuhan operasional pembelajaran tahfidzul Quran. Langkah yang ditempuh adalah mencari sumber dana lain dari stakeholder dan masyarakat melalui jalinan kerjasama yang kondusif dan harmonis antara sekolah dengan masyarakat.

Downloads

Published

2023-01-12