KONTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Abu Dharin STIT Muhammadiyah Kendal

Keywords:

Konsepsi,, Asas Pendidikan dan Pendidikan Islam.

Abstract

Tulisan ini menelaah relevansi konsepsi pendidikan Ki Hadjar Dewantara terhadap pendidikan Islam. Konsepsi pendidikan Ki Hadjar Dewantara di kenal dengan istilah panca dharma yang terdiri dari: asas kodrat alam, asas kemerdekaan, asas kebudayaan, asas kebangsaan, dan asas kemanusiaan. Ditinjau dari sudut pandang pendidikan Islam, kelima asas dalam konsepsi Panca Dharma memiliki relevansi sedemikian rupa. Artinya kelima asas tersebut juga merupakan sesuatu yang dianggap penting dan perlu dijadikan tempat dasar berpijak bagi pendidikan Islam. Hanya saja, dalam beberapa hal terdapat perbedaan baik mengenai istilah yang dipakai maupun sumber rujukannya.

References

Dewantara, Ki Hadjar. 1981. Asas-Asas dan Prinsip Taman Siswa. Jakarta: Balai Pustaka.
__________________1962, Bagian I Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
__________________1967, Bagian II Kebudayaan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Darajat, Zakiah.1995. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara dan Dirjen Binbagais Departemen Agama RI.
Djumhur. I., dan Danasuparta, 1976, Sejarah Pendidikan. Bandung: CV Ilmu.
Langgulung, Hassan. 1983. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna
_________________. 1988. Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Al-Husna, Jakarta.
Sajoga. 1981. Riwayat Perjuangan Taman Siswa. Jakarta: Balai Pustaka.
Salim, Agus. 2007. Indonesia Belajarlah! Membangun Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Samho, Bartolomeus. 2013. Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Tantangan dan Relevansi. Yogyakarta: Kanisius.
Soeratman. 1985. Ki Hadjar. Jakarta: Balai Pustaka.
Surmiharjo. 1986. Ki Hadjar dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern. Jakarta: al-Balai Pustaka.
Syaibani, Umar al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Rifa’i, Muhammad. 2011. Sejarah Pendidikan Nasional Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Tilaar, H.A.R. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Renika Cipta.
Yunus, Mahmud. 1968. Perbandingan Pendidikan Moderen di Negara Islam dan Intisari Pendidikan Barat, Jakarta: Al- Hidayah.
______________. 1997. Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya.

Downloads

Published

2020-02-01