IMPLEMENTASI METODE TARGHIB WA TARHIB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI MA`HAD AL AQWAM MAN KENDAL

Authors

  • Ikhsan Intizam STIT MUHAMMADIYAH KENDAL
  • Ivan Maulana Azhar Muttaqin MAN Kendal

Keywords:

Metode Targhib wa Tarhib,, dan Karakter Disiplin.

Abstract

Penelitian ini difokuskan mengkaji permasalahan tentang implementasi metode targhib wa tarhib dalam pembentukan karakter santri, problematika dan solusi alternatifnya di Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengambil objek penelitian di Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal. Sumber data primer diambil dari observasi, interview dan dokumentasi di lapangan. Sumber data skunder diambil dari buku harian belajar, profil Ma`had, dan lain-lain. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi metode targhib wa tarhib dalam pembentukan karakter santri di Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal dilaksanakan dalam dua bentuk: a) Melalui integrasi dengan tata tertib Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal; dan b) Melalui proses pendidikan dan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas; 2) Problematika yang muncul yakni: a) Problem yang muncul dari guru atau ustadz yakni guru tidak menjelaskan prosedur yang jelas tentang penerapan metode targhib wa tarhib dalam setiap program pembelajaran dan tidak memberikan penjelasan kepada santri; dan b) Problem yang muncul dari santri yaitu; Santri masih memiliki persepsi yang keliru terkait dengan tindakan guru dalam menerapkan metode targhib wa tarhib sehingga terkesan tidak adil, tidak merata, kurang mempertimbangkan kinerja dan hasil belajar santri; dan 3) Solusi alternatifnya sebagai berikut: a) Guru hendaknya menjelaskan prosedur yang jelas tentang penggunaan metode targhib wa tarhib dan mengkomunikasikan kepada santri; dan b) Guru hendaknya menduskusikan dengan santri tentang tujuan dan manfaat penerapan metode targhib wa tarhib untuk membentuk karakter disiplin santri.

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al Quran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Adila, Amma Chorida, dkk, Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Metode Ta’zir Studi Analisis Santriwati Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah, Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, IAIN Menado, Volume 3 No. 1 Maret 2022.

Afifah, Risna Nurya, Implementasi Ta`zir dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri Pondok Pesantren Al Amien Rejomulyo Kota Kediri, Skripsi, IAIN Kediri, 2022

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011 Ali, Mohamad, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung:

Angkasa, 1997

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2009 Andias, Harefa, Meet, Learn, and Multiply, Jakarta: Kompas, 2001

Anwar, Qomari, Pendidikan sebagai karakter Budaya Bangsa, Jakarta, UHAMKA Press, 2003

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Perss, 2002

Arifin, H.M, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Ed. 1, Cet. 2, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Arikunto, Suharsimi, Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Asdi Mahasatya, 2003

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya, 2006

Azwar, Saefudin, Metodologi Penelitian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005 Budiningsih, Asri, Pembelajaran Moral, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Collins, Mallary M., Mengubah Perilaku Siswa, diterjamahkan oleh, Kathleen Sri Wardhani, cet I, Jakarta: Gunung Mulia, 2012

Daradjat, Zakiah, Kepribadian Guru, Jakarta: PT. Bulan Bintang, 2000

Dasuki, Hafidz dkk, Ensiklopedi Islam 2, Jakarta: Ichtiyar Baru Van Hoeve, 1996

Daud, Abu, Sunan Abi Daud, Juz 1, Indenesia: Maktabah Dahlan, t. th Durkheim, Emila, Pendidikan Moral; Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi

Pendidikan, Jakarta: Erlangga, 1990

Fahmi, Asma Hasan, Sejarah Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2009

Febriyanti, Anita Dewi, Penerapan Ta’zir dalam Meningkatkan Kedisplinan Santri di Pondok Pesantren Pembangunan Desa Mandirancan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan, Skripsi, IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, 2022

Ginting, Lukas, Moral Education, Surabaya: PT. Gelora Aksara Pertama, t.th Gojali, Nanang, Manusia, Pendidikan, dan Sains, Jakarta: Rineka Cipta, 2004 Gordon, Thomas, Teaching Children Self-Disipline, Terj. S. Supriyatna dan

Amitya Kumara, Mengajar Anak Berdisiplin Diri, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006

H.S. Sunardi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2002 90.

Hadi, Amirul, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: Rineka Cipta, 2003 Hurlock, Elizabet Bergnei, Cild Growth and Development, New York: MC.

Graw Hill Company Book, t.th. 339.

John. M. Echols, dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1992

Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritik, Bandung: Mandar Maju, 2002

Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Metodik Teoritik Apakah Pendidikan Masih Diperlukan, Bandung: Mandar Maju, 2002

Kemendiknas, Pendidikan Karakter, Harapan dan Tantangan, Jakarta: Balai Pustaka, 2010

Kesumo, Dharma, Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,

Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Ma’luf, Louis, Al-Munjid Fi Al-Lughawi Wa Al-A’lam, Beirut-Lebanon: Dar al- Masyriq, 1986

Maraghi, Ahmad Mustofa al-, Tafsir al-Maraghi, Beirut: Darul Fikr, t. th Megawangi dan Darmiyati Zuchdi, Pendidikan Karakter, Grand Design dan

Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press, 2008

Moeliana, Anton M., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Mujib, Abdul, Kamus Istilah Fiqih, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994 Musfiroh, Pendidikan Karakter, Jakarta: Sinar Mas, 2010

Nahlawi ,Abdurrahman an-, Prinsip-prinsp dan Metode Pendidikan Islam, terj.

Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 2009

Nahlawi, Abd. al Rahman al, Usul al Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha fi al Bayt wa al Madrasah wa al Mujtama, Beirut: Daar al Fikri, 2001

Patton, Michael Quinn, Metode Evaluasi Kualitatif, diterjemahkan oleh Budi Puspo Priyadi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta 1997

Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Rosyadi, Khoirudin, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004

S. Johari, Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren, Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan, IAIN Menado, 2021

Sardiman Am., Motivasi dan Interaksi dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Shochib, Moh, Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin, Rineka Cipta, Jakarta, 1998

Sills, David L., International Enclopedia of the Social Sciences, London: Collier Macmillan, 1972

Singarimbun, Masri, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3S, 1999 Soenarjo dkk, al-Quran dan Terjemahannya, Semarang: Depag RI, 2003

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2001

Sutopo, Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, Bandung: Mandar Maju, 1998 Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Quran, Bandung:

Alfabeta, 2009

Syukur, M. Amin, Studi Akhlak, Semarang: LemBkota, 2004

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005

Ulum, Samsul dan Triyo Supriyatno, Tarbiyah Qur’aniyah, Malang: UIN Malang Press, 2006

Ulwan, Abdullah Nasih, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam: Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Semarang: as-Syifa’, 2001

Usman, M. Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002

Wuryandani, Implementesi Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Madrasah, Yogyakarta: Trussmedia Grafika, 2014

Zainu, Muhammad bin Jamil, Nidaun ilal Murabbin wa Murabbiyat, Terj. Syarif Hade Masyah, Solusi Pendidikan Anak Masa Kini, Jakarta: Mustaqim, 2002

Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Malang: Sunan Ampel, 1997

Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2023-11-10