IMPLEMENTASI METODE TARGHIB WA TARHIB DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI MA`HAD AL AQWAM MAN KENDAL
Keywords:
Metode Targhib wa Tarhib,, dan Karakter Disiplin.Abstract
Penelitian ini difokuskan mengkaji permasalahan tentang implementasi metode targhib wa tarhib dalam pembentukan karakter santri, problematika dan solusi alternatifnya di Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengambil objek penelitian di Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal. Sumber data primer diambil dari observasi, interview dan dokumentasi di lapangan. Sumber data skunder diambil dari buku harian belajar, profil Ma`had, dan lain-lain. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi metode targhib wa tarhib dalam pembentukan karakter santri di Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal dilaksanakan dalam dua bentuk: a) Melalui integrasi dengan tata tertib Ma`had Al-Aqwam MAN Kendal; dan b) Melalui proses pendidikan dan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas; 2) Problematika yang muncul yakni: a) Problem yang muncul dari guru atau ustadz yakni guru tidak menjelaskan prosedur yang jelas tentang penerapan metode targhib wa tarhib dalam setiap program pembelajaran dan tidak memberikan penjelasan kepada santri; dan b) Problem yang muncul dari santri yaitu; Santri masih memiliki persepsi yang keliru terkait dengan tindakan guru dalam menerapkan metode targhib wa tarhib sehingga terkesan tidak adil, tidak merata, kurang mempertimbangkan kinerja dan hasil belajar santri; dan 3) Solusi alternatifnya sebagai berikut: a) Guru hendaknya menjelaskan prosedur yang jelas tentang penggunaan metode targhib wa tarhib dan mengkomunikasikan kepada santri; dan b) Guru hendaknya menduskusikan dengan santri tentang tujuan dan manfaat penerapan metode targhib wa tarhib untuk membentuk karakter disiplin santri.
References
Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al Quran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Adila, Amma Chorida, dkk, Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Metode Ta’zir Studi Analisis Santriwati Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah, Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, IAIN Menado, Volume 3 No. 1 Maret 2022.
Afifah, Risna Nurya, Implementasi Ta`zir dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri Pondok Pesantren Al Amien Rejomulyo Kota Kediri, Skripsi, IAIN Kediri, 2022
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011 Ali, Mohamad, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung:
Angkasa, 1997
Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2009 Andias, Harefa, Meet, Learn, and Multiply, Jakarta: Kompas, 2001
Anwar, Qomari, Pendidikan sebagai karakter Budaya Bangsa, Jakarta, UHAMKA Press, 2003
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Perss, 2002
Arifin, H.M, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Ed. 1, Cet. 2, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Arikunto, Suharsimi, Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Asdi Mahasatya, 2003
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya, 2006
Azwar, Saefudin, Metodologi Penelitian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005 Budiningsih, Asri, Pembelajaran Moral, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Collins, Mallary M., Mengubah Perilaku Siswa, diterjamahkan oleh, Kathleen Sri Wardhani, cet I, Jakarta: Gunung Mulia, 2012
Daradjat, Zakiah, Kepribadian Guru, Jakarta: PT. Bulan Bintang, 2000
Dasuki, Hafidz dkk, Ensiklopedi Islam 2, Jakarta: Ichtiyar Baru Van Hoeve, 1996
Daud, Abu, Sunan Abi Daud, Juz 1, Indenesia: Maktabah Dahlan, t. th Durkheim, Emila, Pendidikan Moral; Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi
Pendidikan, Jakarta: Erlangga, 1990
Fahmi, Asma Hasan, Sejarah Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2009
Febriyanti, Anita Dewi, Penerapan Ta’zir dalam Meningkatkan Kedisplinan Santri di Pondok Pesantren Pembangunan Desa Mandirancan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan, Skripsi, IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, 2022
Ginting, Lukas, Moral Education, Surabaya: PT. Gelora Aksara Pertama, t.th Gojali, Nanang, Manusia, Pendidikan, dan Sains, Jakarta: Rineka Cipta, 2004 Gordon, Thomas, Teaching Children Self-Disipline, Terj. S. Supriyatna dan
Amitya Kumara, Mengajar Anak Berdisiplin Diri, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006
H.S. Sunardi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2002 90.
Hadi, Amirul, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: Rineka Cipta, 2003 Hurlock, Elizabet Bergnei, Cild Growth and Development, New York: MC.
Graw Hill Company Book, t.th. 339.
John. M. Echols, dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1992
Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritik, Bandung: Mandar Maju, 2002
Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Metodik Teoritik Apakah Pendidikan Masih Diperlukan, Bandung: Mandar Maju, 2002
Kemendiknas, Pendidikan Karakter, Harapan dan Tantangan, Jakarta: Balai Pustaka, 2010
Kesumo, Dharma, Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Ma’luf, Louis, Al-Munjid Fi Al-Lughawi Wa Al-A’lam, Beirut-Lebanon: Dar al- Masyriq, 1986
Maraghi, Ahmad Mustofa al-, Tafsir al-Maraghi, Beirut: Darul Fikr, t. th Megawangi dan Darmiyati Zuchdi, Pendidikan Karakter, Grand Design dan
Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press, 2008
Moeliana, Anton M., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003
Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Mujib, Abdul, Kamus Istilah Fiqih, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994 Musfiroh, Pendidikan Karakter, Jakarta: Sinar Mas, 2010
Nahlawi ,Abdurrahman an-, Prinsip-prinsp dan Metode Pendidikan Islam, terj.
Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 2009
Nahlawi, Abd. al Rahman al, Usul al Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha fi al Bayt wa al Madrasah wa al Mujtama, Beirut: Daar al Fikri, 2001
Patton, Michael Quinn, Metode Evaluasi Kualitatif, diterjemahkan oleh Budi Puspo Priyadi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Pidarta, Made, Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta 1997
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Rosyadi, Khoirudin, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004
S. Johari, Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren, Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan, IAIN Menado, 2021
Sardiman Am., Motivasi dan Interaksi dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Shochib, Moh, Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin, Rineka Cipta, Jakarta, 1998
Sills, David L., International Enclopedia of the Social Sciences, London: Collier Macmillan, 1972
Singarimbun, Masri, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3S, 1999 Soenarjo dkk, al-Quran dan Terjemahannya, Semarang: Depag RI, 2003
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2001
Sutopo, Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, Bandung: Mandar Maju, 1998 Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Quran, Bandung:
Alfabeta, 2009
Syukur, M. Amin, Studi Akhlak, Semarang: LemBkota, 2004
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
Ulum, Samsul dan Triyo Supriyatno, Tarbiyah Qur’aniyah, Malang: UIN Malang Press, 2006
Ulwan, Abdullah Nasih, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam: Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Semarang: as-Syifa’, 2001
Usman, M. Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002
Wuryandani, Implementesi Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Madrasah, Yogyakarta: Trussmedia Grafika, 2014
Zainu, Muhammad bin Jamil, Nidaun ilal Murabbin wa Murabbiyat, Terj. Syarif Hade Masyah, Solusi Pendidikan Anak Masa Kini, Jakarta: Mustaqim, 2002
Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Malang: Sunan Ampel, 1997
Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.