MODEL PENDIDIKAN KARAKTER QURANI DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 DAN PENERAPANNYA DI ERA DISRUPSI; TELAAH TAFSIR AL MISBAH

Authors

  • Mochamad Lutfan Sofa UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Zubaedi Zubaedi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Pasmah Chandra UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu

Keywords:

Pendidikan Karakter,, Surah Luqman,, Era Disrupsi.

Abstract

Penelitian ini fokus pada tiga rumusan masalah penting, 1) Bagaimanakah model pendidikan karakter Qurani dalam surah Luqman ayat 12-19?; 2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter Qurani dalam surat Luqman ayat 12-19?; dan 3) Bagaimanakah cara penerapan pendidikan karakter surah Luqman ayat 12-19 di era disrupsi?. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer diambil dari Tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab, sedangkan sumber data skunder diambil dari buku aau jurnal ilmiah yang relevan dengan tema penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan, dibahas dan dikritik. Analisis penelitian ini merujuk pada surah Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Al Mishbah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pendidikan karakter Quran surah Luqman ayat 12-19 meliputi, a) model keteladanan,

  1. b) model nasihat, c) model pembiasaan, d) model perumpamaan;

2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surah Luqman ayat 12-19 diantaranya: a) syukur kepada Allah. b) beriman kepada Allah, c) berbakti kepada orang tua, d) bijaksana,

  1. e) berbuat kebaikan, f) ibadah karena Allah dan g) akhlak dan sopan santun; dan 3) Cara penerapan pendidikan karakter Quran di era disupsi antara lain: a) memberikan ketaladanan kepada peserta didik, b) memahami hakikat manusia sebagai khalifah Tuhan, dan c) mengembangkan sikap toleransi. Sedangkan penerapan pendidikan karakter menurut kementerian pendidikan nasional berdasarkan buku panduan pelaksanaan pendidikan karakter yaitu: a) strategi di tingkat kementerian pendidikan nasional, b) strategi di tingkat daerah, c) strategi di tingkat satuan pendidikan, dan d) penambahan alokasi waktu pembelajaran.

References

Amin Ghofur, Saiful, Profil Para Mufasir al-Quran, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Amri, Sofan, Ahmad Jauhari, Tatik Elisah, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2011

Amri, Syafri, Ulil, Pendidikan Karakter Berbasis al-Quran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.

Arif, Muhammad, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam al-Quran, Jurnal Tadris, Volume 9 Nomor 2 Desember 2014

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2012.

Khalil Al Qattan, Manna, Mabahis Fii Ulum al-Quran, Beirut: Al-Syarikah al- Muttahidah Li at-Tawzi, 1973.

Koesuma, Doni, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2010.

Koesuma, Doni, Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

Munir, Ahmad, Tafsir Tarbawi, Mengungkap Pesan al-Quran Tentang Pendidikan, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2007.

Shalih, Subhi, Mabahis Fi Ulum al-Quran, Beirut: Dar al-Ilm Li al-Malayin, 1988.

Shaleh Anwar, Shabri dan Sudirman Anwar, Pendidikan Karakter Qurani, Pekanbaru: Doa Para Wali, 2021.

Quraish Shihab, Muhammad, Tafsir Al Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran, Vol 15, Tangerang: PT Lentera Hati, 2021.

Quraish Shihab, Muhammad, Wawasan al-Quran, Bandung: Mizan, 1998. Quraish Shihab, Muhammad, Yang Hilang dari Kita: Akhlak, Tangerang: PT

Lentera Hati, 2022.

Quraish Shihab, Muhammad, Menabur Pesan Ilahi al-Quran dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Quraish Shihab, Muhammad, Mukjizat al-Quran, Bandung: Mizan, 2014. Quraish Shihab, Muhammad, Logika Agama; Kedudukan Wahyu dan Batas-

Batas Akal dalam Islam, Tanggerang: Lentera Hati, 2005.

Quraish Shihab, Muhammad, Membumikan al-Quran; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, II. Jakarta: Mizan, 2007.

Quraish Shihab, Muhammad, Lentera al-Quran, Bandung: Mizan, 2008.

Ulfa, Maria, dkk, Konsep Metode Amtsal dan Implementasinya dalam Pembelajaran, Jurnal El Buhuth, Vol. 4 No, 2022.

Downloads

Published

2023-11-10