IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM TAKSONOMI BLOOM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Marta Kristin Monika STIT MUHAMMADIYAH KENDAL
  • ACHMAD Kurniawan Pasmadi STIT MUHAMMADIYAH KENDAL

Keywords:

Kecerdasan Ganda,, Tingkatan Berpikir,, Pengalaman Belajar,, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Teori kecerdasan ganda atau multiple intelligences dan tingkatan berpikir menurut Benjamin S. Bloom (Bloom’s Taxsonomy) sampai sekarang tetap menjadi pedoman dasar bagi dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum dan berbagai program edukasi lainnya. Masalah utamanya adalah guru atau dosen sering menemukan kesulitan bagaimana menerapkan teori itu dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada tingkatan berpikir dan memberikan contoh penerapannya dalam kegiatan merancang dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pendekatan literer diperoleh hasil pembahasan bahwa contoh rencana pembelajaran yang diberikan diharapkan dapat mendorong guru atau dosen mengembangkan dalam berbagai pokok bahasan dan materi pembelajaran sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang mengakomodasi perkembangan kecerdasan ganda peserta didik dalam struktur tingkatan berpikir.

References

Amstrong, Thomas, Sekolah Sang Juara: Menerapkan Multiple Intelligence di Dunia Pendidikan, terjemahan Yudhi Murtanto, Bandung: Kaifa, 2002.

Bloom, Benjamin S., Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals: Cognitive Domain. New York: Longman, 1956. Terjemahan T. Hermaya, Jakarta: Gramedia, 2002.

Budiningsih, Asri, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Campbell, Linda, Bruce Campbell dan Dee Dickinson, Teaching and Learning Through Multiple Intelligences (terjemahan Tim Inisiasi), Depok: Inisiasi Press, 2002.

Dharin, Abu, Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences pada Sekolah Dasar di Jawa Tengah, Yogyakarta: UNJ, 2022.

Gardner, Howard, Are There Additional Intelligences? New York: Merrill-Prentice Hall, 1998. Terjemahan Yudhi Murtanto, Bandung: Kaifa, 2010.

_______________, Frame of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books, 1983. Terjemahan Yudhi Murtanto, Bandung: Kaifa, 2010.

_______________, Multiple Intelligences: New Horizons. New York: Basic Books, 2006. Terjemahan Yudhi Murtanto, Bandung: Kaifa, 2010.

Jasmine, Julia, Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences, Bandung: Nuansa, 2017.

Jawwad, Muhammad Abdul, Mengembangkan Inovasi dan Kreativitas Berfikir, terjemahan Fachruddin, Bandung: As-Syamil, 2002.

Semiawan, Conny, et.al, Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa, Jakarta: Gramedia, 2000.

Siskandar, Pengembangan Multiple Intelligences Melalui Kegiatan Non Intrakurikuler Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaran, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2008.

Sukandi, Ujang dkk., Belajar Aktif dan Terpadu, Jakarta: The British Council, 2010.

Suparno, Paul, Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakarta: Kanisus, 2014.

Wirawan, Sarlito, Pengantar Umum Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang, 2000.

Downloads

Published

2023-01-12