TEOLOGI KHAWARIJ Sejarah, Pemikiran, dan Gerakan

Authors

  • Imam Rijal IAIN Bengkulu

Keywords:

Teologi Khawarij,, Sejarah Pendirian,, Pemikiran Kalam,, dan Gerakan dalam Lintas Sejarah.

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari makalah penulis sebagai bagian dari tugas mata kuliah Sejarah Peradaban Islam, Fokus utama penelitian ini berusaha mendiskripsikan aliran theologi Khawarij dalam lintas sejarah, corak pemikiran dan gerakannya dalam kontalasi sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan studi pustaka yang bersumber dari buku-buku dan jurnal sejarah peradaban Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi antara pemikiran teologi dan politik dalam aliran Khawarij bersifat kompetitif, berpangkal pada ideologi status ad quem yang bersikap oposan terhadap penguasa, bersikap kritis serta ingin mengambil bagian kekuasaan yang lebih luas, dalam sejarah pemikiran sosial dikenal teori kekerasan (coercian theory). Mencapai tujuan tersebut, corak pemikiran aliran Khawarij pada masalah politik tampak lebih dominan, bahkan ditunjang dengan dibolehkannya penggunaan kekerasan. Penggunaan kekerasan dalam aliran Khawarij telah menjadi bagian dari sisi kehidupan penganutnya. Kekerasan tersebut disebabkan karena faktor kesempitan berpikir untuk memahami ajaran agama dan dibalut fanatisme yang berlebihan, di samping latar belakang sosio-kulturalnya merupakan orang-orang yang terbiasa dengan kehidupan keras, ditambah proses marginalisasi yang berkesinambungan dari penguasa. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa aliran Khawarij menampilkan visi yang penting dalam proses demokratisasi, yaitu perlunya desakralisasi kekuasaan. Tidak ada kekuasaan manapun di dunia yang tidak dapat dijamah, dipertanyakan, dan dikritik. Pernyataan tersebut terkesan apologetik jika dipadukan dengan teologi eksklusif kaum Khawarij, sangat disayangkan.

References

Al-Asy`ari, Abu Hasan, 1969, Maqalat al-Islamiyyin waikhtilaf al-Musallin, Jilid I, Kairo: Al-Nahdah al-Mishtiyyah.

Al-Baghdadi, `Abd al-Qahir, t.th., al-Faraq Baina al-Firaq, Beirut: Dar al-Kutub al-`Ilmiyah.

Al-Buthy, Muhammad Sa`id Ramadhan, 1977, Fiqhus Sirah: Dirasat Manhajiah `Ilmiyah li Siratil-Musthafa `alaihish-Shalatu was-Salam, Lebanon: Darul Fikr.

Al-Mishri, Muhammad Abdul Hadi, 1994, Manhaj dan Aqidah Ahlussunah wal Jama`ah, terj. As`ad Yasin, Abu Fahmi, dan Ibnu Marjan, Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Najjar, Amir, 1993, Aliran Khawarij Mengungkap Akar Perselisihan Umat, Terj. Solihin Rasjidi dan Afif Muhammad, Jakarta: Lentera.

Asy-Syahrastani, Muhammad Abdul al-Karim, 2003, Al-Milal Wa Al-Nihal, Aliran-Aliran Teologi dalam Sejarah Umat Manusia, terj. Asywadie Syukur, Surabaya: Bina Ilmu.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, 2001, Ensiklopedi Islam, jilid 3, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Eliade, Mircea, Charles J. Adams, ed., 1993, The Encyclopedia of Religion, Vol. VIII, New York: Macmillan Publishing Company.

Ghafar, Muhammad Abdul, 2006, Fiqih Tasawuf, Bandung: Pustaka Hidayah.

Hasan, Hasan Ibrahim, 2006, Sejarah dan Kebudayaan Islam, jilid 2, Jakarta: Kalam Mulia.

Hitti, Philip K., 2010, History of The Arabs, Rujukan Induk dan Paling Otoritatif tentang Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

http://zanikhan.multiply.com/journal/item/1748/Khawarij.

Ismail, Faisal, 2004, Momentum Historis Gerakan Pencerahan Islam, Jakarta: Mitra Cendekia.

Jailani, Syaikh Abdul Qadir, t.th., Al-Ghunyah li Thalibi Thariq al-Haqq fi al-Akhlak Wa at-Tashawwuf wa al-Adab al-Islamiyah, Beirut: Dar al-Fikr.

Karim, Abdul, 2009, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Muntoha, dkk, 2007, Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta: UII Press.

Nasution, Harun, 1996, Teologi Islam, Jakarta: Universitas Indonesia Perss.

Siddiqi, Nourouzzaman, 1995, Syi`ah dan Khawarij dalam Perspektif Sejarah, Yogyakarta: PLP2M.

Sjadzali, Munawir, 2007, Islam dan Tata Negara, Ajaran, Sejarah, dan Pemikiran, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Soenarjo, dkk, 2003, Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI.

Sou’yb, Joesoef, 1997, Sejarah Daulat Khulafaur Rasyidin, Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Sukri, Sri Suhandjati, 2004, Ijtihad Progresif Yasadipura II dalam Akulturasi Islam dengan Budaya Jawa, Yogyakarta: Gama Media.

Syalabi, Ahmad, 1990, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna.

Watt, W. Montgomery, 1997, Pemikiran Teologi dan Filsafat Islam, terj. Umar Basalim, Jakarta: P3M.

___________________, 1997, Pergolakan Pemikiran Islam, terj. Hamid Fahmi Zarkasyi dan Taufiq ibnu Syam, Jakarta: Beunebi Cipta.

Zahrah, Muhammad Abu, 1996, Aliran Politik dan Akidah dalam Islam, Terj. Abd. Rahman Dahlan dan Ahmad Qarib, Jakarta: Logos.

Downloads

Published

2023-01-12