PEMIKIRAN AL-ZARNUJI TENTANG PENDIDIKAN BERBASIS MORAL RELIGIUS DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKIAN ISLAM KONTEMPORER
Keywords:
Pendidikan Berbasis Moral Religius,, al-Zarnuji,, Ta’lim Muta’alim.Abstract
Penelitian ini mendeskripsiskan pemikiran al-Zarnuji tentang pendidikan berbasis moral religius dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan Islam kontemporer. Jenis penelitian kepustakaan dengan pendekatan studi tokoh ini sumber data utamannya diambil dari kitab Ta`lim al-Muta`alim karya al-Zarnuji. Adapun sumber data skunder disarikan dari referensi yang mengkaji tema yang relevan. Analisis data menggunakan analisis Isi dengan pendekatan philosophy. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep pendidikan; Peserta didik perlu membekali pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang hakikat, keutaman, niat dalam menuntut ilmu, memilih ilmu, memilih guru, teman dan ketabahan, mengagungkan ilmu dan ahli ilmu, sungguh-sungguh dan kontinuitas, permulaan belajar, tahapannya, dan tata tertibnya, bertawakal, waktu yang baik dalam menuntut ilmu, kasih sayang dan nasehat, mengambil pelajaran, wara’ pada masa belajar, hal-hal yang menyebabkan mudah hafal dan mudah lupa; dan 2) Relevansi konsep; Konsep pendidikan yang ditawarkan al-Zarnuji, sangat baik dan relevan untuk diaplikasikan bagi pengembangan pendidikan kontemporer. Pendidikan dalam Kurikulum 2013 yang diorientasikan pada pengembangan karakter peserta didik, memiliki konsep yang sinergi dengan pendidikan berbasis moral religius menurut pemikiran al-Zarnuji.
References
Afandi, Mochtar, The Method of Muslim Learning as Illustrated in al-Zarnuji’s Ta’lîm al-Muta’allim Tariq al-Ta’allum, Montread: Institute Of Islamic Studies McGill University, 1993.
Al-Astqalani, Ahmad bin Ali bin Hajar, Faat al-Baari bi Sayrh Shahih al-Bukhari, juz 1, Baerut Daar al-Ma’rifah, t.th.
Alavi, S.M. Ziauddin, Muslim Educational Thought In The Middle Ages, terj. Abuddin Nata dkk ed, Bandung: Penerbit Angkasa, 2003.
Al-Maraghi, Ahmad Mushtafa, Tafsir al-Maraghi, juz 1, 2, Baerut Daar al-Fikr, 1971.
Al-Zarnuji, Ta’lim al-Muta’allim Tariq al-Ta’allum, Madura: TMI Press al-Amin, t.th.
Anshari, Endang Saifuddin, Wawasan Islam: Pokok-Pokok Pikiran Tentang Islam dan Ummatnya, Jakarta, Rajawali, 1982.
Arend, Richard I., Learning to Teach, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
As’ad, Ali, Terjemah Ta’lim Muta’allim, Kudus: Menara Kudus, 1988.
Bisri, Ahmad, http://www. Google.Com.,diakses tanggal 15 Mei 2021.
Brady, Laurie, Models and Methods of Teaching, Australia: Prentice-Hall of Australia Pty Ltd., 1985.
Djudi, Konsep Belajar Menurut al-Zarnujî; Kajian Psikologi-Etik Kitab Ta’lîm al-Muta’allim, Yogyakarta: Tesis IAIN Sunan Kalijaga, 1986.
Fadjar, Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2005.
Ghorbal, Muhammad Syarif, Al-Mausu’ah Al-Arabiyah Al-Muyassaroh, Mesir: Darul Qaumiyah Littab’ah wan Nashr, 1965.
Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.
Ibrahim Bin Isma’il, Syarah Ta’lim al-Muta’allim Tariq al-Ta’allum, Surabaya:Dar al-Abidin, t.th.
Joyce, Bruce dan Marsha Weil, Models of Teching, Prentice-Hall, Inc., 1988
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum, 2010
Kemko Republik Indonesia, Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemko Kesejahteraan Rakyat, 2010.
Langulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21 Jakarta: Pustaka al-Husna, 2006.
Ma’sun, Saifullah, Edt., Dinamika Pesantren: Telaah Kritis Keberadaan Pesantren Saat ini T.tp: Diterbitkan kerjasama Yayasan Islam al-Hamidiyah dengan Yayasan Syaifuddin Zuhri, t.th.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefekifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003
Nur, Muhamad, Pemikiran Etika Religius Suparman Syukur, Makalah, Semarang: Pasca Sarjana IAIN Walisongo, 2010
Plessner, M. dan J.P. Berkey “al-Zarnujî”, C.E. Boswo, dkk. ed, Ensiklopaedia Islam, Web CD Edition, Leiden: Brill Academic Publishers, 2003.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana, 2008.
Soenarjo, dkk, Al-Quran dan Terjemahan,Jakarta: Depag RI, 2003.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Sutopo, Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, Bandung: Mandar Maju, 1998
Tafsir, Ahmad, Pendidikan Budi Pekerti, Bandung: Maestro, t.th.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1996.
Umar, M. Ali Chasan, Petunjuk Menjadi Cendekiawan Muslim, Semarang: Karya Toha Putra, 1998.
Ya’kub, Aly Musthofa, Etika Pelajar Menurut Al-Zarnuji, Majalah Pesantren P3M, No III/ Vol. 03/ 1986.