URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • Ahmad Fahroni STIT MUHAMMADIYAH KENDAL

Keywords:

Urgensi,, Perencanaan,, Pembelajaran.

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi perencanaan dalam kegiatan pembelajaran, serta memaparkan berbagai kajian terkait dengan perencanaan pembelajaran yang baik. Hal ini didasarkan pada posisi guru sebagai seorang pendidik yang memegang peran penting dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran, efektif atau tidaknya kegiatan pembelajaran bergantung pada bagaimana guru mendesain jalannya kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat dipahami bahwa perencanaan pembelajaran menjadi salah satu faktor penunjang dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu memiliki kemampuan dalam membuat perencanaan pembelajaran, seperti manajemen waktu, perumusan tujuan, perumusan indikator, pemilihan media, pemilihan strategi, serta penentuan evaluasi dalam pembelajaran.

References

Anwar, Kasful Dan Hendra Harmi, Perencanaan Sistem Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan KTSP, Bandung: Alfabeta, 2011.

Creswell, John W., Reseach Design Pendekatan Kualitatife, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Dardias, Bayu. Praktek Penelitian Kualitatif: Pengalaman Dari UGM, Yogyakarta: E-book Fisipol UGM, 2001

Gani Ali, St. Hasniyati, Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 6 No. 1 (Januari-Juni 2013).

Jaya, Farida. Perencanaan Pembelajaran. Medan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara, 2019.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, Malang: UIN Maliki Pres, 2010

Kurniawati, Weni. Desain Perencanaan Pembelajaran, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, Vol. 7, No. 1 (Januari-Juni 2021).

Martiyono, Perencanaan Pembelajaran Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik, Sleman: Aswaja Pressindo, 2012.

Megawanti, Priarti, Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia, Jurnal Formatif, Vol. 2, No. 3.

Nur Nasution, Wahyudin. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur, Ittihad, Vol. I, No.2, (Juli – Desember 2017).

Nurlaila, Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru, Jurnal Ilmiah Sustainable, Vol. 1. No. 1, (Juni 2018).

Putrianingsih, Sri. dkk., Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran, Inovatif, Vol. 7, No. 1 (Pebruari 2021).

Sufiati, Vivi dan Sofia Nur Afifah, Peran Perencanaan Pembelajaran untuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 8 No. 1 (2019).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasinal.

Uno, Hamzah B., Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Akasara, 2008.

Downloads

Published

2023-01-12