House Training Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 13 Tebo Tahun 2021

Authors

  • Afrizal Afrizal SMA Negeri 13 Tebo; Jl. Tebo Jambi Desa Rantau Api Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru,, Pembelajaran Daring,, IHT.

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru di SMA Negeri 13 Tebo adalah sulitnya mengadakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Keterbatasan pembelajaran tatap muka menyebabkan materi pembelajaran yang disampaikan tidak efektif atau tidak mudah dipahami peserta didik dan tingkat pemahaman pserta didik sangat rendah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan keefektifan belajar peserta didik. Salah satu upaya yang dikembangkan adalah dengan meningkatkan kompetensi profesional guru pada  penggunaan aplikasi google classroom. Kegiatan ini diwujudkan pada sebuah In House Training (IHT) penggunaan aplikasi google classroom. Kegiatan ini terlaksana selama dua hari dengan dua materi pelatihan, yaitu pelatihan penggunaan aplikasi google classroom. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan 2 siklus, yang pelaksanaan tindakan setiap siklus yaitu, penerapan tindakan, monitoring dan evaluasi, serta refleksi dan tindak lanjut. Subjek penelitian ialah semua guru mata pelajaran yang berjumlah 15 orang, sedangkan objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran daring melalui aplikasi google classroom. Kemampuan  yang dijadikan sebagai indikator ketercapaian ada 7 macam, yaitu kemampuan membuat akun, membuat kelas, membuat absensi, memasukkan materi pembelajaran, menyediakan diskusi, membuat quis dan membuat tugas. Siklus pertama yang dilakukan adalah supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah. Siklus kedua adalah pelaksanaan pelatihan peningkatan kompetensi profesional guru. Setelah berakhirnya semua tahapan penelitian, didapat hasil sebagai berikut. Rata-rata peningkatan kompetensi profesional guru tersebut mulai dari siklus pertama 39 % (predikat kurang cakap) dan siklus kedua 81 % (predikat cakap). Hal ini menunjukkan bahwa pada masing-masing guru terdapat peningkatan kompetensi profesional terutama pada indikator pembuatan akun, pembuatan kelas dan pembuatan absensi.

References

Arikunto. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online dengan Menggunakan Media E-learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan.
Djaman Satori. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children Karen. Journal Of Pediatric Nursing 53, 88–90, January.
Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah Covid-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.
Kor, H., Aksoy, H., & Eerbay, H. (2014). Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-Books) Used In Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 854 860. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150
Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B. (2014). Problems And Decision In The Field Of Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 131, 111–117. Retrieved from:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.088
Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.
Wibowo. ( 2007). Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta: PT.Raja Grafindo Prasada.
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4.


LAMPIRAN

Daftar Responden

Res. Nama NIP Jabatan
1 Sutan Maulana Sastra, S.Pd 19871024 201903 1 003 Guru
2 Beni Hendra, S.Pd 19830302 201101 1 005 Guru
3 Abrory, S.E 19850207 201001 2 011 Guru
4 Suci Budiarta, S.Pd 19880131 201402 2 001 Guru
5 Vivi Novia Roza, S.Pd 19901107 201503 2 004 Guru
6 Tris Tri Yanti, S.Pd 19840104 200902 2 008 Guru
7 Eka Okta Maresta Pakpahan, S.Pd 19861017 200902 2 009 Guru
8 Marta Dinata, S.Pd Operator
9 Tika Selgia, S.Pt Tata Usaha
10 Lestari, S.Pd Guru
11 Abdul Haris, S.Pd.I Guru
12 Erikc Shofyandi, S.Pd Guru
13 Ardi Mustakim, S..Pd Guru
14 Kukuh Prasetiyo, S.Pd Guru
15 Aulia Oktavianis, S.H Guru


?

Downloads

Published

2021-02-01